Home » , » Android M Penerus Lollipop Diumumkan Google

Android M Penerus Lollipop Diumumkan Google

Written By Unknown on Sunday 31 May 2015 | 10:18

Google di ajang konferensi I/O 2015 San francisco, Kamis (28/5/2015) waktu setempat mengumumkan dan menunjukkan kisi-kisi soal Android M yang jadi penerus Lolipop.

Senior Vice President Google Sundar Pichai tidak mengungkap nomor seri sistem operasi terbaru mereka. Namun dia menunjuk Vice President of Engineering Google Dave Burke untuk memamerkan preview fitur-fitur yang akan menjadi kelebihan Android M.

Menurut Burke, selama ini Google telah mengamati para produsen berbagai hal yang ditambahkan oleh para produsen gadget ke dalam produk Android mereka.

Hal pertama yang ditunjukannya adalah perubahan sistem keamanan. Google memberikan kuasa untuk menerima atau menolak permintaan izin keamanan sebuah aplikasi.

Dengan demikian aplikasi tidak akan bisa sembarangan membuka lokasi atau kamera pengguna. Aplikasi akan meminta izin pada pengguna ketika programnya ingin mengakses kamera atau lokasi.

Fitur tersebut berbeda dengan seri Android sebelumnya. Pada seri yang lalu, persetujuan soal akses kamera, lokasi atau sejenisnya harus diberikan saat pengguna mengunduh suatu aplikasi.

Peramban Chrome juga tak kalah diperbarui. Mereka menambahkan sebuah fitur bernama Chrome Custom Tabs yang berfungsi membuat pengembang aplikasi dapat menyematkan halaman web di dalam aplikasinya.

Fitur lain yang disebut Burke menarik adalah Doze. Fungsinya untuk mengelola daya yang digunakan oleh ponsel. Misalnya, jika ponsel tidak bergerak selama beberapa waktu, maka Doze akan langsung memutus aplikasi yang aktif.

"Kami memiliki fitur baru bernama Doze. Android M memanfaatkan deteksi gerakan. Saat tak ada gerakan, maka tablet Anda akan otomatis memutus aplikasi-aplikasi yang menyala," ujar Burke

"Kami sebut sebagai Doze (tidur ayam) karena perangkat yang dalam keadaan tertidur itu masih tetap akan menunjukkan notifikasi jika ada alarm atau pesan penting yang masuk," imbuhnya.

Selain kedua fitur tersebut, Burke juga mengonfirmasi bahwa Android M mendukung pemindaian sidik jari. Sistem operasi terbaru ini juga menyederhanakan pengendalian volume dan penerapan USB type C.

1 komentar :

  1. sekarang juga sudah keluar penerus dari android m itu sendiri...
    power supply

    ReplyDelete

Followers

Translate this Page

Total Pageviews

Blog Archive