Home » » Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Written By Bagus oka on Sunday 9 February 2014 | 09:03

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.


 

Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter. Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1 – 10cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5cm. urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29cm. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7-29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.

  • Untuk mengobati kencing batu, melancarkan air kencing, sakit pinggang, darah tinggi, dan diabetes militus:
Ambil daun kumis kucing satu genggam, rebus dengan air 2 gelas, hingga tersisa satu gelas.
Minum ramuan ini sehari satu gelas sebelum tidur malam.

  • Untuk memperlancar pengeluaran air kemih: 
Siapkan kumis kucing kira-kira 30 gram, akar Alang-alang 30 gram, meniran 30 gram, cuci hingga bersih semua ramuan tersebut, lalu rebus semua ramuan tersebut diair sebanyak tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi 1,5 gelas. Minum ramuan tersebut 3x sehari sebanhyak ½ gelas.

  •  Untuk mengobati batu ginjal:
Siapkan Daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, lalu semua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih. Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari.

  • Untuk mengobati batu ginjal anda bisa mencoba cara yang lain, yaitu :
Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam, daun keji beling 5 lembar, cuci sampai bersih, kedua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Minum rebusan ramuan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari.
=================================

Itulah rangkuman manfaat daun kumis kucing serta khasiat kumis kucing, yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Terimah kasih, semoga bermanfaat untuk anda

1 komentar :

  1. terkenal memang khasiatnya sebagai obat batu ginjal... dan sekarang sudah banyak ekstraknya

    ReplyDelete

Followers

Translate this Page

Total Pageviews