Home » , , » Sejarah dan Manfaat Jahe

Sejarah dan Manfaat Jahe

Written By Bagus oka on Monday 18 May 2015 | 12:56



Tumbuhan Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Sejarah di temukannya Jahe
Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.
Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.
Ciri ciri tanaman Jahe
Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.
Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.
Kegunaan dan manfaat jahe untuk kesehatan :
  • Mencegah Mabuk Perjalanan : Jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Keefektifan jahe bahkan mengalahkan obat mabuk yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, jahe juga berkhasiat meringankan morning sickness atau rasa mual yang sering diderita wanita hamil.
  • Perut Kembung : Ekstrak jahe amat bermanfaat bagi mereka yang sering menderita perut kembung dan nyeri. Jahe bisa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus.
  • Mencegah Penyakit Jantung : Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak jahe bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mencegah aterosklerosis. Manfaat jahe serupa dengan aspirin yang bisa mengurangi pembekuan darah. Jahe juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Peradangan : Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol. Senyawa ini bertanggung jawab untuk aroma menyengat dan khasiat anti-inflamasi. Saat mencari obat anti peradangan pastikan obat tersebut mempunyai kandungan gingerol.
  • Demam & Batuk : Seperti aspirin, gingerol dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Menggunakan jahe berarti akan menekan timbulnya efek samping seperti yang biasa terkandung dalam obat-obatan kimia.
  • Arthritis : Ekstrak jahe juga bermanfaat untuk orang dengan arthritis dan osteoarthritis. Jahe diyakini mengandung komponen yang bisa menghambat COX. COX adalah salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX biasanya memiliki berbagai efek samping yang bisa merugikan. Jahe, sebagai herbal alami menawarkan khasiat serupa tanpa disertai efek samping.
  • Pereda Nyeri dan Sendi Kaku : Dalam uji klinis, jahe ternyata mampu menghilangkan rasa sakit, meningkatkan pergerakan sendi, serta mengurangi pembengkakan yang umumnya terkait dengan rheumatoid arthritis. Jahe juga dapat membantu meredakan nyeri punggung dan sakit kepala migrain.
  • Gula Darah Tinggi & Tekanan Darah Tinggi : Jahe bermanfaat untuk merawat orang dengan gula darah tinggi dan penderita tekanan darah tinggi. Selain jahe, kunyit dikenal pula sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat serupa.
  • Anti Alergi : Jahe, bersama dengan ekstrak biji anggur, dapat membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang terjadi selama musim alergi. Penderita alergi akan senang mendengar bahwa jahe tidak akan menimbulkan rasa kantuk dan efek samping lain yang biasa menyertai obat antihistamin (anti alergi).
Nama latin dan klasifikasi ilmiah Jahe
  • Kerajaan : Plantae
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus : Zingiber
  • Spesies : Z. officinale
  • Nama binomial: Zingiber officinale

0 komentar :

Post a Comment

Followers

Translate this Page

Total Pageviews

Blog Archive